Wednesday, May 9, 2007

Penjelasan = Masalah

Apa arti sebenarnya dari hal "penjelasan"??? Kata tersebut sangat dibuthkan dalam kehidupan yang sosial. Misalnya dalam suatu permasalahan kita dengan orang lain, kita harus memberikan penjelasan.
Tetapi yang menjadi masalah adalah seperti ini :

1. Bagaimana jika penjelasan yang kita berikan tidak dapat diterima orang tersebut, padahal kita sudah menjelaskan apa adanya, tanpa ada bumbu-bumbu penyedapnya.

2. Kita memberikan penjelasan dan dengan menghalalkan semua hal baik itu benar ataupun tidak. Yang penting penjelasan itu diterima dan menguntungkan di pihak kita.

Secara pribadi saya lebih sering menggunakan cara 1, walaupun kadang menggunakan cara 2. Tetapi akibat menggunakan cara 2 akan berakibat sangat buruk, karena tanpa dirasakan ataupun diduga kita sudah membuat bibit-bibit masalah lagi.

Kedua cara itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekarang saya memilih untuk tidak memilih kedua cara tersebut. Karena itu saya benci kepada orang yang meminta suatu penjelasan, dan karena hal saya juga orang tersebut harus tahu tanpa adanya penjelasan dari saya......

No comments: